Maria Yasintha Dewi Maku Djawa, Perempuan Tangguh Menerobos Malam Demi Pengungsi Lewotobi

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Albert Aquinaldo

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA – Maria Yasintha Dewi Maku Djawa atau yang akrab disapa Shinta Maku Djawa begitu peduli dengan kondisi ribuan pengungsi Gunung Lewotobi. Dia rela menerobos malam ditemani dua putrinya, menyetir sendiri mobil Hiluxnya demi bertemu langsung para pengungsi, Rabu, 3 Januari 2024 malam.

Titik pertama adalah di Posyandu Kampung Suku Tukan, Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur. Di lokasi itu terdapat 11 KK 41 jiwa yang diantaranya ada anak-anak dan lansia.

Sebagai Ketua Satgas Penanggulan Bencana DPD I Partai Golkar NTT, Maria Yasintha Dewi Maku Djawa yang sering membantu menangangi pengungsi bencana alam di beberapa lokasi sebelumnya di NTT tentu paham betul apa yang dibutuhkan para pengungsi.

Sebelum menyerahkan bantuan, Maria Yasintha Dewi Maku Djawa berdialog dengan para pengungsi yang berasal dari Desa Duli Pali, Kecamatan Ile Bura yang mengungsi di Posyandu Kampung Suku Tukan, Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Baca juga: Shinta Maku Djawa Terjun ke Tempat Pengungsian Erupsi Gunung Lewotobi di Flores Timur

Shinta Maku Djawa, Pengurus DPP Partai Golkar NTT. (TRIBUNFLORES.COM/HO-IST)

Dia menanyakan kondisi anak-anak, para lansia dan 41 jiwa yang mengungsi di lokasi itu. Kurang lebih sekitar satu jam Maria Yasintha Dewi Maku Djawa berdialog dengan mereka dan. Sebelum pamit, perempuan tangguh yang lebih dikenal dengan panggilan SMD ini menyerahkan bantuan berupa bahan makanan seperti beras, sayur, makanan siap saji, kebutuhan anak-anak dan kebutuhan lainnya di lokasi pengungsian.

“Semoga bantuan ala kadarnya ini bisa meringankan beban bapa ibu adik-adik di lokasi pengungsian ini dan semoga musibah ini cepat berlalu supaya kita bisa kembali ke rumah kita masing-masing,” ujar Maria Yasintha Dewi Maku Djawa kepada puluhan pengungsi di lokasi itu.

“Terima kasih ibu sudah mau datang bantu kami” ujar mereka serempak.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Updated: Januari 4, 2024 — 7:54 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *