Disengat Ubur-ubur Kotak di Thailand, Turis Masuk RS Sebulan Lebih

Bangkok

Kisah liburan tak menyenangkan dialami turis Australia saat bertandang ke Thailand. Saat berenang dia disengat ubur-ubur hingga harus dirawat di RS.

Diberitakan Daily Mail, Selasa (23/1/2024) turis asal Queensland, Zoe Cahill, 23, disengat ubur-ubur kota saat berenang di Pantai en di Ko Pha Ngan, sebuah pulau wisata di Thailand. Dia liburan ke sana pada bulan Oktober 2023.

Saat itu dia berenang sekitar 50 meter dari pantai. Dia mengaku setelah disengat, dia bisa merasakan tetesan racun bergetar di seluruh tubuhnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sengatan permanen di dada, lengan, dan kaki membuat saya mengalami serangan jantung, racunnya membuat saya terbangun,” katanya.

[Gambas:Instagram]

Dengan kesadaran yang semakin menipis, dia mencoba mencapai daratan dan pingsan. Cahill mengatakan orang-orang di sekitarnya bergegas membantunya karena tubuhnya membiru, melakukan CPR dan menuangkan banyak cuka ke tubuhnya.

Kemudian, dia dilarikan ke rumah sakit dengan speedboat sebelum dikirim ke pulau Ko Samui untuk dirawat oleh ahli racun laut . Di sana dia menerima antihistamin untuk mengobati sengatannya.

Setelah perawatannya, Cahill mengunggah foto-foto pasca serangan ke Instagram. Terlihat ada bekas tanda seperti tali melilit tubuhnya. Itu adalah lokasi tentakel ubur-ubur yang menempel dan menyengatnya.

“Saya menghabiskan minggu-minggu terakhir ini di bangsal darurat sebuah rumah sakit di Thailand dalam keadaan meditasi mendalam. Pakar medis Barat mengatakan kepada keluarga saya bahwa peluang saya untuk bertahan hidup sangatlah kecil,” tulisnya.

Dokter menyatakan bahwa jantung, paru-paru dan ginjal Cahill telah rusak permanen karena racun. Namun ajaibnya, dia bisa bertahan dan akhirnya dipulangkan dari rumah sakit. Semua hasil tes pun menunjukkan tanda-tanda cedera dan semua organ berfungsi seperti sediakala.

Setelah memasuki pemulihan, dia pun mengingatkan orang-orang untuk berhati-hati saat berenang di laut. Dia juga menegaskan racun ubur-ubur kotak se-mematikan itu, dan dia termasuk orang yang beruntung bisa selamat.

Kasus sengatan ubur-ubur kotak juga banyak terjadi sebelumnya. Hanya dalam seminggu, enam orang disengat ubur-ubur di perairan K’gari, yang juga dikenal sebagai Pulau Frase.

Pada tahun 2021, seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun dari Israel meninggal setelah disengat ubur-ubur kotak saat bermain air di pantai di pulau Koh Pha Ngan, Thailand.

Simak Video “Thailand Kembali Larang Penggunaan Ganja untuk Non Medis”[Gambas:Video 20detik](sym/wsw)

 

Updated: Januari 23, 2024 — 12:31 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *