Cerita Kemenag Depok Lakukan Transformasi Digital Layanannya

Kepala Kantor Kemenag Kota Depok Enjat Mujiat

Depok (Kemenag) – Kementerian Agama Kota Depok terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya layanan pendidikan agama dan keagamaan. Kepala Kantor Kemenag Kota Depok Enjat Mujiat menyampaikan, diperlukan akselerasi atau percepatan dan kemudahan pelayanan untuk masyarakat.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk layanan yang cepat, mudah dan tidak berbiaya adalah layanan yang terdigitalisasi. Masyarakat dapat mengakses layanan Kemenag Kota Depok secara online,” terang Enjat saat ditemui usai menerima kunjungan kerja Komisi VIII DPR di kantornya, Jumat (01/12/2023).

Menurutnya, layanan Kemenag Depok yang cepat dan mudah merupakan implementasi dari salah satu program prioritas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yaitu transformasi digital.

“Digitalisasi layanan di Kemenag Kota Depok merupakan pelaksanaan salah satu program prioritas Bapak Menteri yakni transformasi digital,” ujar Enjat.

Ia mencontohkan, layanan penerbitan atau tekomendasi izin operasional majlis taklim, pondok pesantren, madrasah tidak harus bolak balik ke kantor, tapi cukup melalui aplikasi atau website Kemenag Depok, masyarakat dapat mempelajari ketentuan atau persyaratan lalu mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Setelah dilakukan verifikasi dokumen yang diunggah, dan dinilai memenuhi persyaratan, rekomendasi atau izin yang dibutuhkan segera diterbitkan,” terang dia.

Enjat juga menceritakan bagaimana Kemenag Depok memberikan layanan terpadu haji. Dikatakannya, melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), jemaah dapat menyelesaikan pendaftaran haji dengan cepat.

“Untuk layanan pendaftaran haji, kita berlakukan One Stop Service. Setelah persyaratan terpenuhi melalui verifikasi dokumen, foto, masyarakat langsung membayar setoran awal biaya haji konter bank yang ada di PTSP tersebut. Setelahnya langsung keluar nomor porsi dan estimasi keberangkatan calon jemah haji tersebut,” jelas dia.

“Dalam bilangan jam dan di satu tempat, layanan pendaftaran haji dapat selesai,” sambungnya.

Ia menyebut hal yang serupa dalam pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA). Masyarakat dapat mengakses layanan di setiap KUA melalui WA Center-nya.

 

Updated: Desember 9, 2023 — 2:21 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *