5 Makanan Ini Paling Disarankan untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CARA MENURUNKAN KOLESTEROL JAHAT – Ada banyak cara menurunkan kolesterol jahat. Meski demikian, banyak yang menganggap cara menurunkan kolesterol jahat bukanlah proses yang mudah dan dapat dilakukan dalam semalam. Ini membutuhkan dedikasi penuh dan membutuhkan waktu.

Nah, dalam artikel berikut akan diulas mengenai cara menurunkan kolesterol jahat dengan mudah, tanpa obat-obatan. 

Pengertian Kolesterol Jahat (LDL)

Kolesterol terdiri atas dua macam, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Biasanya, sekitar dua pertiga kolesterol diangkut oleh partikel LDL. Partikel-partikel ini yang akan mengangkut kolesterol ke berbagai bagian tubuh sesuai kebutuhan. 

Jika seseorang memiliki kelebihan LDL dalam aliran darah, partikel-partikel ini membuang LDL di arteri. Akibatnya akan terjadi penyumbatan dan bahkan serangan jantung. 

Baca Juga: 6 Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Berikut adalah cara mudah menurunkan kolesterol jahat seperti yang dikutip dari Stylecraze:

1. Makanan Berserat Tinggi

Oatmeal kaya akan serat larut, zat yang dikenal dapat menurunkan kolesterol LDL. Mengonsumsi hanya 5-10 gram serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Konsumsi 1,5 cangkir oatmeal matang, untuk mendapatkan jumlah serat yang tepat dalam makanan Anda.

2. Konsumsi Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Mengonsumsi ikan yang kaya omega-3 dapat sangat membantu dalam upaya Anda mengurangi kolesterol LDL. Beberapa ikan yang mengandung asam lemak Omega-3 tertinggi antara lain:

Ikan trout danau Ikan kembung Ikan herring Ikan salmon Sarden Sejenis ikan pecak Tuna 

Agar tidak menambah lemak yang tidak diinginkan pada makanan, sebaiknya ikan dipanggang, bukan digoreng. Sumber asam lemak omega-3 lainnya termasuk minyak kanola atau biji rami bubuk. 

Baca Juga: Catat Kadar Normal Asam Urat dalam Darah untuk Laki-Laki, Wanita dan Anak-Anak

3. Konsumsi Almond, Kenari Dan Lainnya

Almond, kenari, dan jenis kacang-kacangan lainnya membantu menurunkan LDL. Karena kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, kacang-kacangan membantu menjaga pembuluh darah tidak tersumbat.

Disarankan agar Anda makan sekitar 45-50 gram kacang-kacangan setiap hari. Dengan melakukan ini, Anda dapat secara efektif mengurangi kolesterol LDL dari tubuh Anda.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan anti-oksidan, yang membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Namun, antioksidan ini tidak mengurangi atau menghilangkan kolesterol baik (HDL) dari tubuh.

Baca Juga: 6 Alasan Buah naga Aman dan Baik Dikonsumsi Secara Rutin

5. Makanan yang Difortifikasi Stanol Atau Sterol

Ada banyak makanan yang tersedia di pasaran, yang diperkaya dengan stanol dan sterol (bahan kimia nabati) yang biasanya menghambat penyerapan kolesterol.

Jus buah, yogurt, dan beberapa makanan lain mengandung tambahan sterol, yang dapat menurunkan lebih dari 10 persen kolesterol LDL tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Updated: Januari 1, 2024 — 9:56 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *